Senin, 26 Juni 2017

SAHUR DAN MENDENGAR SIRENE, OTOMATIS SUDAH NIAT

Di surau kampung kami biasanya sebelum sholat taraweh atau qiyam, Imam sholat biasanya menuntun jamaah membaca sebuah ungkapan berbahasa Arab yang berbunyi "Nawaitu shouma ghadin 'an adaai fardi ramadhana lillahi ta'al".

Dulu waktu kecil saya tak paham bacaan apa yang saya baca, namun setelah sedikit memahami bahasa Arab, saya baru tahu dan "ngeh" ternyata itu adalah niat puasa untuk esok hari.

_Kemungkinan dikebanyakan perkampungan juga melakukan hal yang sama. Maka untuk sekedar saran saja untuk para Imam Mesjid, agar menjelaskan maksud apa yang dibaca tersebut kepada para jamaah agar mereka "Ngeh" dan tidak cuman ikut-ikutan seperti zaman saya kecil dulu, biar membacanya lebih berfaedah, hehehehe =D_.

-

Kemudian tentang kebolehan melafazkan niat, insyaallah itu bukanlah sebuah hal yang bid'ah. Imam An-Nawawi dalam "Al-Majmuk Syarh Al-Muhazzab" juz: 6  hal: 289 mengatakan: Tempatnya niat itu adalah di dalam hati, dan tidak disyaratkan melafazkan, namun demikian disunnahkan melafazkannya dengan sembari meniatkannya dalam hati.
-

Nah bagi yang tak paham bahasa Arab seperti saya dulu dan hanya ikut-ikutan membacanya, apakah dengan makan sahur, telah mencukupi untuk niat puasa esok harinya?

Imam Ar-Rofi'i menjawabnya dalam kitab "As-Syarhul Kabir" juz:3 hal: 184 menukil perkataan Imam A-Ruyani: Bahwasannya, jika seseorang makan sahur dengan maksud puasa esok harinya, atau minum dengan maksud agar tidak kehausan di siang harinya atau menjauhi segala hal yang membatalkan puasa khawatir matahari telah terbit; maka semua itu telah dianggap niat puasa.

Kemudian Imam Ar-Rofi'i menambahkan: Walaupun hanya terlintas di kepalanya ingin puasa esok harinya, maka cukup untuk niat puasa Ramadhan saat itu.
-

Kemudian muncul pertanyaan:

Apakah dengan mendengar "Serene" seseorang sudah dianggap berniat puasa?

Bisa jadi, jika dengan mendengarnya seseorang menyadari bahwasannya waktu imsak telah dekat dan dengan itu ia mulai menjauhi makan dan minum dan segal hal yang akan membatalkan puasa.

Jadi selain peringatan untuk menjauhi makan dan minum, ternyata "sirene" juga punya manfaat mengingatkan kita, bahwasaanya kita berada di bulan Ramadhan dan akan menjalani puasa esok paginya. Hehehe….


Wallahualam.

0 komentar:

Posting Komentar