Senin, 26 Juni 2017

STYLE IKHWAH GAUL

·         Laki-laki keren itu harus selalu tampil harum dan wangi.
Karena Rasulullah SAW menyenangi wangi-wangian, beliau bersabda: "Kesenangan dunia yang paling aku sukai adalah wanita dan minyak wangi" (HR. Tirmidzi).

Berbeda dengan wanita, Rasulullah menganjurkan laki-laki memakai wangi-wangian yang sangat harum baunya. Beliau bersabda: " Sesungguhnya minyak wangi bagi laki-laki itu adalah yang kuat baunya dan tidak mencolok warnanya, sedangkan minyak wangi bagi wanita itu kuat warnanya dan tidak mencolok baunya". (HR Tirmidzi).

·         Laki-laki keren harus berjenggotkah ?.
Jika rambut adalah mahkota bagi wanita, maka jenggotlah mahkotanya laki-laki. Maka siapa rela mahkotanya dicukur habis ( hehehe ). Intinya berjenggot adalah sunnah Rasulullah dan laki-laki yang berjenggot akan terlihat akan lebih tampan dan awet muda. Anda tidak percaya? Silahkan pada istri anda, (tapi jangan istri orang ya…) =D.

Apa harus panjang?. Kalau belum bisa panjang-panjang, jagalah seberapa bisa. Yang penting, harus tetap rapi ya Bro…

·         Isbal ?
Nah maslah isbal atau memanjangkan pakaian ini kalau kita tidak membahas dengan hati yang jernih, bisa bikin ribet ini. Maka kita lihat saja ulama-ulama yang kalem dalam memahami hadis larangan isbal ini.

Kenal Imam Nawawi? Itu yang menulis kitab " Riyadus Sholihin dan Syarah Shohih Muslim" yang biasa kit abaca di mesjid-mesjid kita.

Atau kenal Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani? Beliau adalah pensyarah kitab Shohih Bukhari terbaik sepanjang zaman. Bayangkan, lebih dari 50 banyaknya ulama yang mencoba mensyarah Kitab Shohih Bukhari, beliaulah yang terbaik. Nama kitabnya "Fathul Bari".

Apa kata Ulama Rabbani ini?
Mereka mengatakan, isbal itu haram jika diikuti dengan kesombongan. Jadi kalau tampa kesombongan, maka hilanglah keharamannya. Tapi kalau kita sengaja memanjangkan pakaian untuk kesombong, nah ini yang gak boleh. Begitu  juga orang yang tidak isbal tapi sombong, juga tidak boleh.

Intinya jauhi sifat sombong. Oke Bro…

·         Pakai Jalabiah Arab ?
Nah akhir-akhir ini kita lihat, sudah mulai banyak yang memakai "jalabiah" di tempat-tempat kita, akhirnya sudah menjadi pemandangan yang biasa, maka aman. Tapi keren lho kalo pakai jalabiah itu. Saya juga salah satu yang lebih nyaman pakai jalabiah. ( hehehe ).

Tapi perlu diperhatikan kalau ditempat yang belum terbiasa masyarakatnya dengan pakaian seperti itu, jangan dipakasakan. Takut fitnah ( pakai "ef" bukan "pe" ).

Imam Ahmad Bin Hanbal pernah menegur seseorang yang berpakaian ala ke Arab-Araban ketika di Baghdad. Beliau memanggilnya dan memarahinya sambil berkata berkata: " Tidakkah cukup bagimu pakaian orang-orang Baghdad ini engkau pakai?", sehingga pintu fitnah itu tertutup.

·         Pakai cincin ?
Saat wanita diperbolehkan memakai cincin emas, laki-laki disunnahkan pakai cincin perak. Tapi jangan sampai salah pasang ya sob. Sayyiduna Ali Karromallahu wajhah  mengatakan bahwa Rasulullah melarangnya memakai cincin di jari telunjuk dan jari tengah.

Jadi laki-laki itu lebih baik memakai cincin di jari manis atau kelingking dan urusan tangan yang mana kiri atau kanan, dua duanya sama-sama diperbolehkan, begitu kata Imam Nawawi.

Jadi sudah siap menjadi laki-laki keren di tahun 2017 ?

Mari persiapkan diri. 

0 komentar:

Posting Komentar