Minggu, 18 Desember 2016

PEMUDA HIJRAH, TANDA CINTA ALLAH PADANYA



Berbeda sekali penampilan sahabat saya yang satu ini saat saya jumpai setelah lebih dari tiga tahun tak bertemu. Dia terlihat lebih rapi, sedikit jenggotan, adem, dan menyenangkan dibanding dulu yang kadang biasa tampil apa adanya dan sedikit semberautan.

Berbeda lagi dengan teman MTsN saya yang dulunya biasa pakai jilbab saat sekolah saja. Namun saat berpapasan di jalan setelah sekian tahun,  ia telihat berbeda dengan jilbab panjangnya dan gamis longgarnya dengan gaya bicara yang tenang dan pandangan mata yang terjaga.

Saya tidak akan pernah bertanya kenapa mereka berubah, tapi satu hal yang saya bisa pahami bahwasannya mereka adalah pemuda-pemudi yang dicintai Allah. Sebab tidaklah Allah memberikan hidayah dan petunjuknya kepada hambanya, kecuali Allah mencintai mereka.

Pernah seseorang menceritakan niatnya keinginannya kepada saya untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lamanya. Namun ia terkendala dengan keluarga, sahabat dan orang-orang terdekatnya. Banyak penolakan dan ketidak setujuan.

Memang berat keluar dari kebiasaan yang sudah lama kita jalani. Namun ketahuilah saudaraku, di sanalah nilai jihad yang bisa kita petik nantinya. Pahamkan mereka dan tunjukkan kalau dengan hijrahmu saat ini, engakau bisa menjadi lebih baik.

Seorang Akhwat akan terlihat lebih anggun dengan balutan gamis longgar dan jilbabnya yang panjang menjulur. Tapi laki-laki yang soleh tak akan pernah mengungkapkan itu pada anda. Karena mereka tau, ini belum saatnya.

Seorang Ikhwan akan terlihat lebih berwibawa dimata calon mertua dengan keistiqomahannya dalam ibadah dan rajin mengaji. Ini akan menjadi satu jalan untuk mendapatkan bidadari impian bagi pada jomblo-jomblo bahagia. Karena " Laki-laki yang sholeh hanya diperuntukkan untuk wanita-wanita yang sholehah".

Tidak ada manusia yang terlepas dari kesalahan, karena sejatinya kita adalah makhluk yang pendosa. Maka pada hakikatnya, kita mesti untuk selalu berhijrah setiap saat dan setiap waktu. Karena taubat kita adalah salah satu jalan hijrah kita.

Bebahagialah bagi pemuda yang selalu berhijrah dengan selalu berusaha memperbaiki diri. Karena sejatinya hijrahmu saat ini adalah bukti cinta Allah SWT padamu.

Tidakkah kita mendengar sepotong hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan kabar gembira untuk tujuh orang yang akan dinaungi Allah SWT di hari kiamat nanti, dimana tidak ada naungan melaikan naungan_Nya.

Empat diantara naungan tersebut diperuntukkan untuk para pemuda.

Mereka adalah: Seorang pemuda yang tumbuh besar dalam ketaatan pada Allah,  Seorang pemuda yang hatinya selalu terpaut dengan mesjid, Dua orang pemuda yang saling mencintai, mereka bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah dan yang terakhir Seorang pemuda yang diajak berzina oleh wanita cantik dan berkedudukan tinggi namun ia menolak dengan berkata " Aku takut kepada Allah ".


Berbahagialah bagi mereka para pemuda pencinta hijrah, yang telah mendapatkan kabar gembira dengan janji naungan Ilahi, di hari yang tidak ada naungan kecuali naungan_Nya.

0 komentar:

Posting Komentar