Minggu, 18 Desember 2016

PEMUDA SEJARAH



Wahai pemuda, apa hal yang terbesar yang telah pernah kita buat dalam hidup kita ini?
Pernah memutuskan suatu hal yang bedampak pada maslahat luas,
Pernah membuat gebrakan yang mendunia,
Pernah menjadi pelaku sejarah yang akan selalu dikenang,
Pernah berfikir besar dan mewujudkannya.

Atau…

Kita masih terbuai dengan indahnya masa muda,
Bangun pagi masih dibangunkan,
Masih alai-alai dalam bersikap dan bertindak,
Tidak peduli dengan keadaan sekitar,
Cuek dengan perkembangan.

Sekarang mari kita mencoba melihat apa yang telah diperbuat oleh para pemuda sejarah yang telah menorehkan tinta emasnya, sehingga sampai saat ini nama mereka selalu indah untuk diceritakan dan dikenang.
1.      MUHAMMAD AL-FATIH. Pada usia 22 tahun, ia menjadi satu-satunya penakhluk Konstantinopel ibu kota Kerajaan Bizantium yang tak ada satupun panglima perang Islam sebelum yang bisa menakhlukkannya.
2.      ABDURRAHMAN AN-NASIR. Pada usia 21 tahun, ia telah memimpin Andalusia, pusat kekuasaan Islam saat itu. Sejarah mencatat, pada era kepemimpinan Abdurrahman An-Nasir, Andalusia mencapai masa keemasannya. Ia menjadi pengambil keputusan dalam berbagai urusan ke Negaraan. Dari tangannya muncul kebangkitan-kebangkitan keilmuan yang selama ini terhenti. Maka saat itu Andalusia menjadi Negara yang sangat kuat, sehingga daerah kekuasaan Andalusia saat itu meluas hingga ke daratan Eropa.
3.      USAMAH BIN ZAID. Pada usia 18 tahun, ia telah memimpin pasukan muslimin, yang didalamnya terdapat pembesar-pembesar dari para Sahabat, seperti Abu Bakar dan Umar.
4.      MUHAMMAD Al-QOSIM. Pada usia 17 tahun ia memimpin pasukan dan menakhlukkan kota Sind, sebuah kota di India.
5.      SAAD BIN ABI WAQAS. Pada usia 17 tahun, sejarah mencatat ialah orang yang pertama kali  melepaskan anak panah untuk berjihad di jalan Allah. Ia juga merupakan enam dari sahabat yang selalu diajak berunding oleh Rasulullah SAW.
6.      AL-ARQOM BIN ABI AL-ARQOM. Pada usian 16 tahun, ia menjadikan rumahnya menjadi tempat dakwah Rasulullah SAW pertama kali.
7.      THOLHAH BIN UBAIDILLAH. Pada usia 16 tahun, ia mengorbankan segenap jiwa dan raganya demi melindungi Rasulullah SAW dalam kepungan musuh pada perang Uhud. Maka tidak kurang dari 70 sayatan pedang bersarang pada tubuhnya. Abu Bakarpun mengatakan, jika disebut padanya perang Uhud, ia akan selalu ingat pada Tholhah dan ia akan berkata akan berkata " Perang Uhud milik Tholhah Bin Ubaidillah.
8.      AZ-ZUBAIR BIN AL-AWWAM. Saat Usianyanya masih 15 tahun, sejarah mencatat bahwasannya ia lah orang yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Ia juga dikenal sebagi juru bicaranya Rasulullah SAW.
9.      AMR BIN KULTSUM. Pada usia 15 tahun, ia telah menjadi pemimpin dalam Qabilahnya.
10.  MUAZ BIN AMR BIN AL-JAMUH ( 13 Tahun ) dan MUAWWIZ BIN 'AFRAK ( 14 Tahun ). Dua pemuda gagah perkasa ini membunuh Abu Jahal pada perang badar.
11.  ZAID BIN TSABIT. Pada usia 13 tahun, telah diamanahi oleh Rasulullah SAW sebagai penulis wahyu. Bahkan ia bisa menguasai bahasa Suryani dan Yahudi hanya dalam waktu 17 malam.
Itulah mereka pemuda-pemuda perkasa yang dalam usia yang sangat muda telah berbuat besar untuk Agama dan Negara. Sekarang mari bertanya pada diri kita masing-masing, hal apa yang telah pernah kita perbuat demi agama dan bangsa ini?

#Selamat_Hari_Sumpah_Pemuda
#Pemuda_Adalah_Pelaku_Utama_Perubahan
#Mari_Berbuat_Untuk_Agama_Dan_Negara
#Mari_Torehkan_Tinta_Emas

0 komentar:

Posting Komentar